Waaaw! Kos-kosan Mahasiswa Bertaraf Hotel Hadir di Serang

PATRON.ID – SERANG | Pertama di Serang, M’kostel Kencana Loka kosan mahasiswa setaraf hotel. Melalui kerjasama PT. Multi Bersama Syariah (MBS) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) serta Bina Mutu Bangsa (BMB) dari segi building management. Berkomitmen bersama mewujudkan hunian kos-kosan bernuansa hotel.

Direktur PT. MBS, Muhamad Ikhwan, menyampaikan M’kostel merupakan modern kos-kosan yang bernuansa hotel. yang berada di Kecamatan Pabuaran dekat dengan Kampus Untirta. Jadi diwujudkannya M’kostel ini untuk memberikan tempat tinggal kepada mahasiswa agar aman dan nyaman.

“Kami menyuguhkan hunian kos-kosan yang memiliki tingkat kenyamanan dan keamanannya amat diperhatikan dan menjadi prioritas kami,” ucapnya seusai grand launching M’kostel Kencana Loka Serang, di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (16/1/2022).

Ia mengatakan, keunggulan M’kostel ini tidak hanya dari fasilitas tempat saja yang diberikan. Akan tetapi, akan dibangun juga program pembinaan karakter kepada penghuni kosan.

“Keagamaan menjadi nilai lebih di M’kostel ini. Seperti sholat berjamaah, program Tahfiz Al-Qur’an, pengajian kitab kuning dan lain sebagainya. Kami lebih menekankan kepada mental karekter etikanya,” imbuhnya.

Pembangunan M’kostel Kencana Loka ini kedepannya akan ada sebanyak lima tower.  Karena ini berbasis syariah untuk hunian perempuan dan laki-laki itu akan terpisah

“Nanti bila sudah beroperasi Akhwat dan Ikhwan itu akan terpisah towernya atau huniannya masing-masing. Kami tetap menerapkan berbasis syariah,” paparnya.

M’kostel  Kencana Loka diperjual-belikan kepada investor yang ingin memiliki dan kemudian menyewakan kembali, ini juga bisa menjadi investasi. Untuk bisa memiliki M’kostel perunit dibandrol dengan harga 200 jutaan.

“Nanti investor bisa menyewakan sebagai kosan kepada mahasiswa dengan harga Rp. 1,5 juta perbulan. Yang pasti dengan harga segitu sudah mendapatkan berbagai fasilitas terbaik,” bebernya.

Fasilitas sendiri, Ikhwan mengatakan seperti pengamanan M’kostel memiliki empat keamanan. Pertama, one gate system hanya memiliki satu pintu utama untuk bisa masuk ke area M’kostel. Kedua, Scurity 24 jam nonstop. Ketiga, ada kartu akses masuk hanya penghuni yang memiliki. Terakhir, Closed Circuit Television (Cctv) 24 jam.

“Itu baru fasilitas keamanan belum dengan fasilitas-fasilitas lain. Yang pasti tujuannya menambah kenyamanan dan keamanan penghuni kos-kosan nantinya,” jelasnya.

Senada disampaikan, Komisaris Utama PT. MBS, Eko Erpangi, menuturkan dibangunnya M’kostel ini juga beralasan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan investasi yang aman dan amanah.

“Kami sebagai komisaris mengawal agar terwujudnya pembangunan ini. Sehingga apa yang diinginkan masyarakat sebagai investor bisa terwujud sesuai dengan harapan,” katanya.

Kemudian, Ia menegaskan sebagai Dewan Komisaris mampu memastikan investasi berjalan aman dan pembangunan yang tepat waktu.

“Kami memastikan Investasi berjalan sesuai harapan, bukan hanya sebagai angan-angan saja nantinya. Dengan pengawasan yang ketat dan pengerjaan yang amanah, Insyaallah kedepannya harapan masyarakat sebagai investor bisa terpenuhi,” tuturnya.

Masih, Eko mengatakan saat ini baru launching tower A1 dan sedang berjalan pula tower A2 dan tower B. A2 sudah pengerjaan lantai empat ditargetkan akhirnya tahun selesai. sedangkan tower B sedang pengerjaan  lantai tiga, bila tidak ada kendala tower B, tower D dan tower E.

“Akhirnya Februari ini untuk A1 sudah bisa dihuni. Dan mudah-mudahan tidak ada kendala supaya diakhiri tahun sudah selesai dan bisa ditempati kelima tower M’kostel Kencana Loka ini,” jelasnya.

Sedangkan secara teknis disampaikan, Direktur Marketing PT. MBS, Siti Hasanah, menyampaikan M’kostel yang telah bekerjasama langsung dengan pihak kampus Untirta mampu menyediakan hunian kos-kosan untuk mahasiswa. Pada hari ini melalui grand launching sudah dilakukannya serahterima dari investor kepada properti management, kerena penyerahan unit sudah dilakukan oleh developer kepada para investor sudah dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 29 Desember 2021.

“Pelaksana ini yaitu grand launching, para investor sudah bisa melihat hunian yang mereka beli sudah jadi, dibarengi dengan penyerahan kepada properti management dan penyewaan akan dimulai pada Februari nanti,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menerangkan kemungkinan pada 25 Maret 2022 para investor sudah mendapat hasil sewa. Semua itu merupakan komitmen dari stakeholder dalam hal ini PT. MBS.”Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami,” ujarnya.

Investor yang sudah tergabung di M’kostel, Kata Siti sudah mencapai 300 investor dengan penjualan sebanyak 400 unit lebih terjual.

“Kami menyediakan unit sekitar 630 untuk kos-kosan, sedangkan 79 untuk hotel. Jadi kurang lebih 711 unit semuanya,” jelasnya.

Kemudian, Lebih lanjut Ia menjelaskan M’kostel dibangun di atas tanah 10.000 meter persegi, tinggi 6 lantai. Untuk setiap unit memiliki fasilitas lemari, tempat tidur singgel dan dua, AC dan blower ditiap-tiap kamar mandi, ada alarm untuk keselamatan,  bahkan ada lift juga.”Pastinya masih banyak lagi keunggulannya. Prodak bintang lima dengan harga kaki lima,” ungkapnya.

Sementara Itu, Rektor Untirta, H. Fatah Sulaiman, menyampaikan sesuai peran institusi masing-masing, pihaknya mengaku diamanatkan oleh undang-undang untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan utuh serta berakhlak mulia.

“Untuk memiliki kecakapan keilmuan, sehat spiritual memiliki semangat dan cinta nasionalisme yang tinggi. Untuk mahasiswa harus juga memikirkan kebutuhan hunian yang aman dan nyaman, untuk menopang pembelajaran mahasiswa Untirta. Juga Kami secara bertahap akan adanya pemantauan kepada mahasiswa yang kos,” katanya.

Kemudian, Ia mengungkapkan bahwa kampusnya dicanangkan oleh Kementerian sebagai pelopor kampus sehat. Bila menjadi pelopor kampus sehat ada tanggungjawab moral menjaga kesehatan bukan hanya diruang lingkup kampus saja, tetapi kos-kosan juga menjadi perhatian juga.

“Kami diminta oleh pak menteri untuk menjadi kampus yang sehat. Dimulai dari lingkungan kampus sampai aktivitas mahasiswa di kosan. Kami memastikan lingkungan kosan mahasiswa kami sehat, gizi mereka baik sehingga semuanya aman dan kondusif,” terangnya.

Kebetulan hadirnya, M’kostel Kencana Loka bisa melakukan kerjasama. Yang  kedepannya mampu memberikan program-program hunian kos yang baik mewujudkan visi dan misi mengembangkan SDM yang unggul.

“Kami lakukan kerjasama ini kerena M’kostel memiliki tujuan yang sama dengan Kami menciptakan SDM yang unggul. Kami juga sudah mensosialisasikan kepada seluruh mahasiswa untuk menjadi alternatif hunian kos yaitu M’kostel Kencana Loka sebagai hunian yang lengkap dengan fasilitas fisik dan mental,” tegasnya.

Tambah, Kapolsek Pabuaran, Kapolsek Pabuaran, AKP. Ahmad Rifa’i mengatakan dengan sudah bekerjasamanya PT. MBS dan pihak Untirta untuk mewujudkan hunian M’kostel tentunya pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Pabuaran tentunya akan siap melakukan pengamanan M’kostel ini.

“Agar nantinya mahasiswa yang menghuni di M’kostel ini dapat tinggal dengan aman, nyaman dan tentram. Kami akan memastikan keamanan M’kostel kedepannya,” tegasnya.

Terakhir, Ia mengaku pihaknya memiliki program polisi sahabat kampus yang mana setiap hari akan adanya patroli disekitar kampus Untirta.”Kami juga memiliki program yang ada kaitannya dengan keamanan mahasiswa polisi sahabat kampus,” tutupnya. [Red/Roy]