NEWS

Tradisi Warga Kemeranggen Sambut 1 Muharram, Makan di Teras Hingga Matikan Lampu

PATRON.ID – SERANG | Masyarakat Lingkungan Kemeranggen RW 07, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, melakukan pawai obor sambil mengelilingi kampung.

Arak-arakan ini dilakukan dalam rangka menyambut serta merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah yang jatuh pada malam ini, Sabtu 6 Juli 2024.

Uniknya, pawai obor ini disambut dengan cara mematikan lampu oleh masyarakat Kemeranggen ketika rombongan melintasi rumah-rumah.

Tradisi ini rutin dilakukan setiap tahun oleh warga tersebut sebagai bentuk merawat serta menjaga tradisi para sesepuh.

Sementara, rute pawai obor dimulai dari masjid Nurul El Yaqien, menuju pos ronda Kemeranggen RT 19, melintasi Kemeranggen RT 20 sampai Perumahan Taman Baru Kemeranggen.

Kemudian, putar arah menuju Kemeranggen RT 21, melintasi gerbang perbatasan Lingkungan Kemeranggen- Lingkungan Taman Baru dan finis di masjid Nurul El Yaqien.

Arak-arakan ini juga dilengkapi dengan alat musik rebana sambil melantunkan Sholawat Jibril.

“Ayo saudara-saudara kita ramaikan pawai obor ini. Ini tahun baru kita, tahun baru islam. Jangan kasih kendor!” ucap Sodri, salah satu panitia, melalui pengeras suara.

Sebelumnya, warga Kemeranggen telah melakukan makan bersama atau bacakan di beberapa titik yang sudah ditentukan, disertai doa yang dipimpin oleh ustadz.

Dengan melakukan itu, warga meyakini akan terhindar dari marah bahaya atau biasa disebut tolak bala di sepanjang tahun 1446 hijriyah.

“Maksudnya supaya kita selalu dilindungi oleh Allah SWT. Agar diberikan keselamatan dan menangkal dari segala penyakit, dan musibah,” kata Siti Fatimah, salah satu warga tersebut.(Red/Roy)

Related posts

Bacalon Bupati Serang Andika Hazrumy Janjikan Lapangan Pekerjaan Tanpa Harus Bayar

redaktur

Serangan Teror di Rusia: Ancaman ISIS dan Peran Indonesia dalam Melawan Ideologi Terorisme

redaktur

Jika Jadi Walikota Serang, Budi Rustandi Fokus Atasi Pengangguran

redaktur

Leave a Comment