Tanaman Hidroponik Peluang Bisnis Bagi Masyarakat Pedesaan

patron.id – Pandeglang, Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam kuliah kerja mahasiswa (KKM) revolusi mental kelompok 19 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar pelatihan hidroponik kepada masyarakat Desa Pandat Kecamatan Mandalawangi, Minggu (11/8), di aula majelis wakil cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Mandalawangi.

Pelatihan hidroponik bertemakan “Pemanfaatan Pekarangan Rumah Melalui Media Tanam Hidroponik” ini diikuti sebanyak 50 orang berasal dari warga setempat. Ketua KKM kelompok 19 Anton menjelaskan pelatihan ini perlu dilakukan dalam rangka menggali potensi lokal serta meningkatkan motivasi kepada masyarakat Desa Pandat Kecamatan Mandalawangi agar mau bertani dengan memanfaatkan lahan kosong.

“Pelatihan ini tidak lain untuk meningkatkan motivasi warga dalam bertani serta dalam rangka memanfaatkan lahan kosong pekarangan rumahnya dengan sistem tanam menggunakan media hidroponik,” kata Anton, lewat rilis yang dikirim.

Selain itu, ia mengungkapkan pihaknya menghadirkan CEO Hidroponik Saketi Yudi Whayudi dan Ridwanul Muhajil selaku pegiat pertanian Kecamatan Mandalawangi untuk mendukung pelaksanaan pelatihan tersebut. Sehingga ia berharap masyarakat Desa Pandat mengetahui tanaman jenis hidroponik serta mampu menerapkannya dengan cara memanfaatkan lahan kosong.

Baca Juga :  Mahasiswa Bersatu-padu dalam gagasan, Kawal Provinsi Banten.

Pegiat pertanian asal Kecamatan Mandalawangi, Ridwanul Muhajil mengungkapkan tanaman hidroponik merupakan tanaman unggulan di kalangan pembisnis sehingga masyarakat pedesaan perlu memanfaatkan sisitem hidroponik ini untuk bercocok tanam. Ia menilai tanaman jenis ini lebih efektif digunakan di lahan sekala kecil ataupun sekala besar.

“Hidroponik merupakann metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan media seperti sekam bakar, sabut kelapa, serat mineral atau sponge, pasir dan pecahan batu, serbuk kayu sebagai pengganti media tanah. Pupuknya pun bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang,” ungkapnya di sela-sela menyampaikan materi.

Sementara itu CEO Hidroponik Saketi, Yudi Wahyudi mengungkapkan tanaman ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama bagi masyarakat yang suka vegetarian. Hal itu dikatakan Yudi, lantaran tanaman hidroponik merupalan tanaman yang bebas pestisida. “Bagi kaum vegetarian dan masyarakat yang mengetahui pentingnya sayuran bagi kesehatan tubuh, pemilihan tanam hidroponik sangatlah tepat karena banyak manfaatnya, dan sangat menyehatkan karena terbebas dari pestisida,” ujarnya.

Share Berita ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •