Satgas Dana Desa Monev ke Kabupaten Serang, ada Apa?

patron.id – Serang, Satuan Tugas Dana Desa (Satgas DD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penggunaan Dana Desa di Kabupaten Serang, 2 hingga 6 Oktober 2018. (3/10).

Hari pertama kunjungan Tim Monev Satgas DD Kemendes PDTT M.Ma’roef Irfhany, Budi Harsoyo dan Asep Hamdani, diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb.Entus Mahmud, Rudi Suhartanto Sekdis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), dan Epon Anih Ratnasih Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Kabid PEM).

M.Ma’roef Irfhany Koordinator Tim Monev Satgas DD mengungkapkan “Tujuan kunjungan untuk mendorong memaksimalkan penyerapan DD yang anggarannya setiap Tahun semakin naik, maka diharapkan manfaatnya pun ke Masyarakat akan lebih banyak, dan mempersempit ruang gerak para pelaku tindak pidana korupsi. Silahakan untuk Informasi pengaduan dan pelaporan dana Desa melalui call centre 1500040, atau melalui email: [email protected], perhari rata-rata pengaduan yang masuk 20 sampai 25 komululatif” ungkap M.Ma’roef Irfhany.

Ia juga menyampaikan sesuai dengan arahan Menteri Desa PDTT agar penyerapan Dana Desa lebih optimal dan memperkecil sumber kebocoran maka Satgas DD melakukan audit random secara massif dan tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Alun-Alun Kota Serang Menjadi Tempat Favorit Pegiat Olahraga

“Dalam melaksanakan tugas Satgas DD, kami bekerja sama dengan unsur Kepolisian, Inspektorat Daerah dan Kejaksaan. Jika dalam pelaksanaan audit ada indikasi kuat tindak pidana antara lain mark up, pekerjaan fiktif maka pelaku diserahkan kepada APH (Aparat Penegak Hukum) untuk diproses lebih lanjut, Tapi jika temuan administrasi karena ketidakmampuan perangkat Desa, maka akan diberikan pendampingan dalam penyelenggaraan DD sesuai dengan UU Desa dan Permendes no.19 tahun 2018. Kemudian Penyerapan DD juga menjadi penting karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam menetapkan kualifikasi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dilihat dari penyaluran DD terutama yang tidak cair.” Imbuhnya.

Tb.Entus Mahmud, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, menyambut baik kunjungan dari Tim Monev Satgas Dana Desa Kemendes PDTT tersebut untuk lebih memperbaiki dan meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa di 326 desa di Kabupaten Serang.

“Kami juga telah menganggarkan sebesar Rp500.000.000,- untuk peningkatan kualitas perangkat Desa,” kata Entus dalam penyambutan Tim Satgas DD Kemendes PDTT.[Red/Imam]

Share Berita ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •