Pesona Alam Gunung Luhur; Lebak Punya “Negeri Diatas Awan”

Oleh : Rizal

patron.id – Tatar Pasundan ini selalu memiliki daya pikat tersendiri. Tak hanya pantai, Banten juga memiliki tempat indah layaknya negeri di atas awan. Salah satu destinasi yang belum banyak orang mengetahui dan juga dikunjungi yaitu objek wisata yang bernama “Negeri  Diatas Awan Gunung Luhur”.

Gunung Luhur menyajikan pemandangan yang sangat memukau, itu lah alasan pengunjung memberi julukan Gunung Luhur dengan sebutan “Negeri di atas Awan“. Julukan ini diberikan karena memang wisata ini menyajikan pemandangan awan yang indah.

Gunung Luhur terletak di Kp. Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak – Banten, dengan titik koordinat –6.7502778, 106.3252778 dan berjarak kurang lebih 9 km dari Wewengkon Adat Citorek. Gunung Luhur ini memiliki ketinggian 1.037 Mdpl. Disana juga sudah tersedia peralatan untuk menginap seperti sewa tenda seharga Rp 50.000-, dan bagi yang membawa tenda sendiri hanya membayar Rp 30.000-, untuk sewa tempat. Selain itu, disana juga tersedia lahan parkir yang cukup luas. Untuk tarif tiket parkir ditarif harga sebesar Rp 5.000-, untuk kendaraan bermotor, sementara untuk tarid parkir mobil dikenakan Rp 10.000-.

Wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)  ini sedang hits dan viral karena banyak beredarnya foto-foto indah di atas awan bak istana para dewa yang membuat masyarakat kagum terutama kaum muda-mudi di Banten, yang akhir-akhir ini banyak mengunjungi tempat wisata tersebut.

Di Gunung Luhur ini rata-rata tingkatan usia pengunjung yang datang tidak hanya didominasi oleh para pemuda-pemudi saja, melainkan juga wisata keluarga dengan para orang tua sembari menikmati panorama alam yang menawan dan jarang kita jumpai ditempat lain.

Untuk dapat merasakan pemandangan eksotis ini, para wisatawan bisa melakukan tracking jika ingin mendapatkan sensasi yang menakjubkan sebelum sampai di puncak. Selain itu bisa juga menggunakan kendaraan namun harus tetap berhati-hati, karena jalanan yang menanjak juga celah jalan sempit tanpa pembatas jalan. Setibanya di puncak Gunung Luhur anda bisa langsung menyaksikan pemandangan dengan posisi hamparan awan  berada di bawah permukaan yang menyelimuti kawasan pegunungan seperti negeri diatas awan yang berada di Yogyakarta.

Baca Juga :  Museum Multatuli, Penambah Pengetahuan Sejarah Kabupaten Lebak

Selain itu, untuk melihat dan menikmati negeri di atas awan tersebut, para wisatawan disarankan untuk mendaki gunung ini ketika matahari terbit. Karena, anda akan melihat keindahan sunrise yang begitu menakjubkan hingga pukul 10.00 WIB. Kemudian, di jam-jam selanjutnya wisatawan akan disuguhkan suasana kabut dan sejuknya suasana pemandangan alam pegunungannya.

Objek wisata ini terbilang masih membutuhkan penyempurnaan fasilitas. Adapun beberapa fasilitas yang sedang dibenahi antara lain seperti lahan parkir, MCK, bumi perkemahan, dan tempat beristirahat para pengunjung yang sedang dibangun oleh Kepala Desa (Kades) Citorek Kidul selaku penanggung jawab obyek wisata.

Jika tertarik untuk mendaki Gunung Luhur, sangat wajib disarankan untuk membawa kamera, karena ada banyak spot Instagramable yang dapat Anda incar untuk berfoto.

Selamat berliibur akhir pekan…..

[Red/Baihaki]

Share Berita ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •