Pentingnya Manajemen Pemasaran yang Baik dalam Perusahaan di Era Digitalisasi dan Pandemi Covid-19


Oleh Putri Modisa

Perlu kita ketahui bahwa pemasaran sangat penting dalam suatu perusahaan dengan adanya pemasaran, suatu perusahaan bisa meraih target pasar yang dituju sesuai dengan tujuan perusahaan itu sendiri.

Kita telah mengetahui bahwa Virus Covid-19 terus menyebar, dampak Virus Covid-19 ini juga berimbas pada sektor perekonomian perusahaan tentunya di berbagai bidang perusahaan termasuk bidang pemasaran.

Hal ini menjadi tantangan bagi suatu perusahaan, bagaimana pemasaran bisa terus berjalan untuk meraih target pasar yang di tuju di perusahan tersebut. Perlu dilakukakan sebuah manajemen pemasaran yang baik dalam suatu perusahaan.

Apa definisi Manajemen pemasaran itu sendiri ?

Manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, pengimplementasian dan pengawasan atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau tujuan perusahaan secara lebih efesien dan efektif.

Manajemen pemasaran yang baik memungkinkan suatu perusahaan berkembang sesuai dengan kapasitas yang dimiliki terutama di saat masa pandemi Covid-19.

Agar setiap perusahaan dapat bertahan dan berkembang, maka perusahaan harus selalu berupaya untuk menjadikan pemasaran sebagai konsep strategis bisnis yang mampu melakukan tindakan penyesuaian terhadap kondisi lingkungan yang terus berubah, tujuannya agar perusahaan dapat mengatasi persaingan, mencegat turunya pangsa pasar, stagnasi, dan mencegah kebangkrutan.

Secara terus-menerus perlu melakukan kaji ulang, penyesuaian, dan mentransformasikan dimensi-dimensi perubahan, sustainable, dan enterprise untuk mendorong penciptaan nilai yang terukur bagi stakeholder.

Strategi yang dapat dilakukan oleh suatu perusahan di era digital :

Online Marketing
Online Marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan internet, Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan perhatian konsumen yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website , maupun email.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar postingan sederhana melalui media online.

Strategi Email Marketing
Strategi pemasaran digital ini menggunakan email sebagai media promosi perusahaan yang biasanya bidang pemasaran di suatu perusahaan mengirimkan email kepada calon konsumen maupun yang sudah menjadi konsumen perusahaan tersebut.

Tujuan strategi marketing email ini untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen baru, dan memberi updatean produk serta menjalin hubungan komunikasi dengan konsumen pelanggan.

Setelah mengetahui upaya dan strategi yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan di era digitalisasi dan masa pandemi Covid -19 seperti ini, maka suatu perusahaan akan bisa meraih target pasar yang dituju secara efektif dan efisien. Untuk itu penting sekali suatu perusahaan menerapkan proses manajemen pemasaran yang baik dengan memanfaatkan digital.

Bagaimana Tanggapan Anda Kerabat Patron yang Budiman ?

Conveyor Public Opinion Merupakan Mahasiswa Aktif Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi.