Pentingnya Behavior Social dan Sanitasi Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

Oleh : Neng Tia Aprilia

Virus Corona disease (Covid-19) adalah virus yang dapat menginfeksi burung dan mamalia, termasuk manusia.

Menurut data yang dirilis WHO Virus ini menyebabkan penyakit mulai dari flu ringan hingga infeksi pernafasan, bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.

Semakin merebaknya wabah virus Covid-19 mengharuskan masyarakat agar betul-betul mengikuti instruksi Behavior Social dan Sanitasi dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Behavior Social dapat kita artikan dengan perilaku sosial yang secara khusus ditunjukkan kepada orang lain (penyuluhan), dan Sanitasi yaitu perilaku pembudayaan hidup bersih yang disengaja.

Dimana saat ini Pemerintah Indonesia menyarankan atau menghimbau Masyarakat untuk mengikuti behavior social dan sanitasi ataupun cara mencegah penyebaran covid-19.

Misalnya dapat kita lakukan dengan cara Social Distancing, Apa itu Social Distancing?

Sosial distancing yaitu salah satu langkah untuk menghentikan penyebaran Covid-19, dengan cara menjaga jarak 1-2 meter dan tidak diperkenankan untuk berjabat tangan (bersalaman).

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Panimbang Jaya Lakukan Aksi Penyemprotan Disinfektan

Karantina Diri, karantina diri yaitu untuk orang yang melakukan perjalanan dari luar negeri ataupun luar kota, mereka dikarantina mandiri selama 14 hari di rumah dan lebih tepatnya hanya beraktivitas di dalam kamarnya saja tidak bisa keluar, dan harus menjaga jarak dengan orang lain.

Selanjutnya dengan cara Sanitasi, dengan cara ini kita dapat menjaga kebersihan, yaitu dengan cara mencuci tangan, menutup mulut saat bersin ataupun saat batuk, dan menggunakan masker, hal ini berlaku tidak hanya bagi orang sakit saja, tetapi pemerintah menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat hendak keluar rumah dan berpergian.

Dengan melakukan hal ini kita sudah dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

Bagaimana tanggapan anda kerabat patron.id yang budiman?

Conveyor Of Public Opinion merupakan Mahasiswa Aktif Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *