Penanggulangan Sampah

patron.id – Setiap orang ingin sehat bukan? ya, itu pasti. Ingin mempunyai udara yang segar dan lingkungan yang bersih nan elok? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjalani hidup yang sehat, salah satunya dengan menjaga lingkungan Kita agar tetap bersih.

Dengan cara “Buanglah Sampah pada Tempatnya’’ tentu kalimat ini sudah sering kita dengar atau sering kita jumpai di berbagai tempat. Namun pada kenyataannya kalimat ini hanya sekedar pajangan saja. Karena memang banyak orang yang susah untuk menerapkan langsung kalimat tersebut di Lingkungan sekitarnya.

Sampah menjadi sumber masalah, yang tidak mudah diselesaikan, dimana jumlah sampah terus mengalami peningkatan terlebih jika tidak segera diatasi, tentunya akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan terutama kesehatan Kita.

akan ada ancaman yang sangat mengerikan seperti munculnya penyakit yang diakibatkan oleh sampah-sampah tersebut. seperti penyakit Diare, Kolera, Tifus, Penyakit Kulit, bahkan sampai penyakit Demam berdarah.

Lalu bagaimana cara kita untuk menanggulanginya? Saya kira ada beberapa cara untuk menanggulangi masalah ini, kita bisa melakukan dengan Tiga cara yang bisa membantu mengurangi volume sampah. yaitu: Pertama Reduce (mengurangi sampah) seperti membawa Tas belanja sendiri untuk mengurangi penggunaan Kantong plastik.

Baca Juga :  Lomba Kritik Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Naif.

Kedua Re-use (menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai), Contoh menggunakan botol-botol bekas yang sudah tidak terpakai untuk Wadah, Dan Recycle (Daur ulang sampah). dengan mengumpulkan Kertas, Majalah, Surat kabar, Botol, atau Kaleng bekas untuk dibuat kerajinan.

Selanjutnya kita harus membiasakan diri memilah sampah berdasarkan jenis-jenisnya, misalnya Sampah Organik, dimana sampah organik merupaka jenis sampah yang bisa membusuk dan terurai kembali seperti limbah rumah tangga, sampah jenis ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk kompos untuk dipergunakan menyuburkan Tanaman.

Adapun Sampah An-organik merupakan sampah yang susah membusuk dan tidak dapat diuraikan kembali namun sampah jenis ini bisa dimanfaatkan dengan cara mendaur ulang, dan sampah Kimia, Sampah jenis ini merupakan buangan dari pabrik industri yang mana buangannya ini adalah bahan berbahaya dan beracun.

Oleh karena itu kerabat patron.id yang terpenting kita bisa menanamkan kesadaran dan kedisiplinan dari diri kita sendiri untuk lebih peduli lagi terhadap kebersihan Lingkungan agar lingkungan kita bisa selalu terlihat bersih dan asri.

Oleh : Uul Khudrotul Imamah, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Editor : Aldi Madagi

Share Berita ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •