Muspika Curug Siap Keliling ke Masjid Cek Prokes Saat Taraweh

PATRON.ID – SERANG | Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Curug bakal keliling ke beberapa masjid guna meninjau secara langsung penerapan protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan masyarakst saat ibadah sholat taraweh.

Agenda tersebut diungkap usai Muspika Curug menggelar rapat bersama Camat Curug Ahmad Nuri, Kapolsek Curug Dedi, Danramil Roni K terkait persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1442 hijriyah, di kantor Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, Senin (12/4/2021).

“Salah satu agenda kegiatannya adalah taraweh keliling (tarling) berkunjung ke masjid-masjid. Dalam satu bulan itu direncanakan empat kali kunjungan,” ujar Kapolsek Curug AKP Dedi Rudiman kepada patron.id usai rapat.

Dia mengungkapkan, dari empat kali kunjungan ke masjid itu bakal digabungkan dengan tingkat Forkopimda Serang yang bakal dihadiri oleh Kapolres Serang Kota, Walikota Serang, dan Dandim 0602 Serang.

Dedi menjelaskan, hal utama yang ditekankan dalam agenda itu yakni meninjau secara langsung sejauh mana penegakan prokes yang diterapkan oleh masyarakat pada saat sholat taraweh.

“Adakah batasan shaf atau pysical distancing atau tidak. Kalau tidak, nanti dibimbing bahwa ini harus pakai pysical distancing,” ungkap dia.

Meski hanya penegakan prokes, sambung Dedi, pihaknya tidak akan memberikan sanksi jika warga kedapatan melanggar prokes pada saat ibadah taraweh.

Bahkan pihaknyan pun bakal membagikan masker bagi warga yang tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) tersebut.

“Hanya dihimbau saja supaya mematuhi protokol kesehatan. Tidak ada sanksi. Dan masker akan dibagikan setiap kunjungan,” katanya.

Danramil Curug Inf. Roni Kosnandar mengungkapkan, bahwa lokasi untuk tarling ke beberapa masjid sudah ditentukan. Salah satunya adalah pondok pesantren Ar Rahman yang berada di Kelurahan Tinggar.

Dia mengaku pihak Kodim memiliki program yang sama di selama bulan ramadhan ini. Sebagaimana pimpinan Kodim 0602 Serang beserta rombongan akan berkunjungan ke setiap kecamatan atau setiap kantor Koramil dalam kegiatan tarling.

“Tempatnya sudah kita bahas sudah kita tentukan. Ada beberapa kelurahan yang akan kita kunjungi. Kita sudah koordinasikan dengan pak Camat,” ungkap Roni, di tempat yang sama.

Dia berpesan agar masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi ini dalam beraktivitas selama bulan puasa ramadhan sesuai anjuran pemerintah, serta menjaga kondusifitas wilayah bersama-sama.

“Kami dari Muspika Curug mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1442 hijriyah. Kami pun memohon maaf yang sebesar-besarnya. Sehingga kita dalam menjalankan ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Senada, Camat Curug Ahmad Nuri berharap masyarakat terus menjaga protokol kesehatan di bulan suci ramadhan ini sehingga pelaksanaan ibadah nanti bisa berlansung secara khusyuk, hikmah dan harmonis.

“Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Curug mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon doanya bisa berjalan lancar agenda kegiatan nanti. Mari kita ramaikan masjid dengan proses ibadah yang khusyuk,” tandasnya. [Red/Roy]