Museum Multatuli, Penambah Pengetahuan Sejarah Kabupaten Lebak

Lebak, Kabupaten yang didirikan pada 2 Desember 1928 lalu merupakan sebagai bagian dari wilayah Kesultanan Banten. Kabupaten Lebak yang memiliki luas Wilayah 304.472 Ha.

Mengulas lebih lanjut, kebanyakan masyarakat awam masih banyak yang belum mengenal kabupaten Lebak dengan baik, khususnya bagi masyarakat diluar Kabupaten Lebak.

ya kerabat patron.id, berbicara mengenai Kabupaten yang akhir-akhir ini sering dibicarakan karena viralnya tempat wisata alam “Negeri di atas awan” di Kabupaten Lebak. Masyarakat diluar Provinsi Banten menyebut Lebak dengan nama Rangkasbitung, yang merupakan ibukota Kabupaten Lebak.

Kabupaten Lebak sendiri merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Banten, dimana kabupaten Lebak terkenal dengan keasrian alamnya yang masih terjaga dan juga karena keberadaan suku Baduy yang masih menganut agama Sunda Wiwitan dan sering melaksanakan upacara tahunan Seba Baduy sebagai pembayaran upeti kepada Pemerintah Provinsi Banten.

Untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang kabupaten Lebak, kita bisa mengunjungi Museum Multatuli yang berada di Jl. Alun-alun Timur No.8, Rangkasbitung, Lebak, Banten. Museum yang di resmikan oleh bupati lebak, Iti Octavia Jayabaya pada 11 februari 2018 ini menyimpan banyak bukti Kabupaten Lebak semenjak masa penjajahan Belanda.

Baca Juga :  Wisata Religi? Gunung Santri Pilihannya

Bukti-bukti sejarah itu terpampang pada dinding tembok museum yang terdiri dari 7 ruangan, mulai dari novel-novel Max Havelaar karya Multatuli atau Eduard Dawes Dekker, Foto-foto bersejarah, hingga kebudayaan-kebuyaan kabupaten Lebak.

Bagi mereka yang malas membaca mengenai tulisan-tulisan sejarah yang tertempel rapih di dinding-dinding Museum, tersedia juga tontonan pada tiap ruangan yang lengkap dengan kursi panjang untuk menonton sejarah kabupaten Lebak tersebut.

Bagi kerabat patron.id yang ingin berkunjung, Museum Multatuli ini buka setiap hari mulai pukul 08.00, hingga pukul 16.00 WIB. Jadi bagi kalian yang ingin mengetahui sejarah Kabupaten lebak dapat mengunjungi Museum yang berada di kota Rangkasbitung ini, karena selain terdapat bukti-bukti sejarah, disini juga terdapat cerita tentang kabupaten Lebak mulai dari masa penjajahan hingga beridirinya Kabupaten Lebak yang juga terdapat foto-foto lama tentang keadaan kabupaten.

Oleh : Maghfira Annisa Fitri
Mahasiswa UIN SMH Banten

Editor : Setiadiwangsa

Share Berita ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •