NEWS

Monitoring PPDB 2024 di SMPN 1 Kota Serang, Pj. Walikota: Jangan Main Belakang

PATRON.ID – SERANG | Pj. Walikota Serang Yedi Rahmat melakukan monitoring pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2024/2025 di SMP Negeri 1 Kota Serang, Kamis 4 Juli 2024.

Dalam kesempatannya, Yedi Rahmat didampingin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendbud) Kota Serang Tb. M. Suherman, dan Kepala SMP Negeri 1 Kota Serang Bohari Muslim.

Yedi Rahmat menyebutkan data calon siwa baru di SMP Negeri 1 Kota Serang yang sudah masuk sebanyak 688 orang. Jumlah tersebut terdiri dari empat jalur. Yakni jalur zonasi 535 pendaftar, jalur prestasi 125 pendaftar, jalur afirmasi 13 pendaftar, dan jalur perpindahan orang tua 15 pendaftar.

“Tadi kami mencoba melihat data yang ada yang sudah masuk dari jalur zonasi sebanyak 535 orang dan sudah terverifikasi 184 pendaftar. Jalur prestasi 125 dan yang sudah terverifikasi 8 pendaftar. Jalur afirmasi 13 orang dan belum terverifikasi. Jalur perpindahan orang tua 15 orang juga belum terverifikasi,” ungkapnya.

Sementara untuk daya tampung calon siswa yang akan diterima di SMP Negeri 1 Kota Serang ini sebanyak 288 orang. Yedi Rahmat juga sempat menyaksikan dan menguji calon peserta didik dari jalur prestasi (tafidz al quran) untuk membaca surat Al Mulk.

“Tadi juga saya sempat menguji suruh baca Al Mulk. Alhamdulillah lancar tapi pas di akhir agak grogi, mungkin karena ada pak Kadis. Ya itulah anak-anak kita yang berprestasi itu sudah menunjukan kemampuannya,” katanya.

Ia menekankan kepada jajaran Dispenbud maupun pihak sekolah agar jangan coba-coba bermain di belakang terkait PPDB tahun ini yang tidak sesuai aturan.

Hal ini berkaitan dengan sosialisasi pungli PPDB 2024 yang sudah dilakukan oleh Pemkot Serang bersama Tim Saber Pungli bulan lalu.

“Kita sudah tekankan dari awal, mudah-mudahan apa yang kita laksanakan kita kerjakan hari ini mendapat ridho dari Allah SWT,” ucap Yedi.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Serang, Bohari Muslim mengklaim bahwa pelaksanaan PPDB tahun ini berjalan lancar dan aman sesuai petunjuk teknis (juknis) yang berlaku.

Bahkan, server untuk jaringan PPDB pun tidak ada kendala. Hanya saja proses verifikasi masih terus dilakukan hingga akhir input data.

“Sampai saat ini alhamdulillah tidak ada kendala. Saya melihat sekolah lain juga begitu. Mungkin karena keterbatasan karena pesertanya membludak cuma untuk verifikasi masih proses sampai hari terakhir,” katanya.

Sementara, salah satu orang tua calon murid, Eni Suyeni mengatakan calon siswa baru dari jalur zonasi tidak perlu mengembalikan berkas persyaratan ke sekolah. Sebab informasi terkait diterima atau tidaknya akan disampaikan pihak sekolah melalui handphone.

“Yang saya tahu dari pak Agus (petugas sekolah) tadi katanya disuruh mantau dari rumah saja, lewat hape nanti ada laporannya kayak gitu, diterima atau tidaknya. Jadi tidak usah ngembalikan berkas,” ucap warga Pakupatan ini.(Red/Roy)

Related posts

Penampakan Video Budi Rustandi Berpasangan dengan Nur Agis Aulia di Pilwalkot Serang

redaktur

Demi Pilwalkot Serang, Wahyu Nurjamil Siap Mundur dari ASN

redaktur

Studi Kebudayaan Daerah, Mahasiwa Piksi Input Serang Kunjungi Museum Banten

redaktur

Leave a Comment