Maskulin Pasang Patok Pendakian Aseupan

patron.id – Pandeglang, Komunitas pecinta alam Maksakeun Ulin (Maskulin) pasang patok jalur pendakian Gunung Aseupan, Pandeglang, Banten.

Setia Adi Wangsa, Pendaki Maskulin mengatakan, Ekspedisi pemasangan patok pada trek pendakian dilakukan untuk memudahkan pada pendaki yang hendak menjelajahi Gunung Aseupan. Menurutnya, patok tersebut dipasang karena di gunung tersebut belum terdapat ciri pos maupun shelter untuk mencegah adanya pendaki yang hilang karena tersesat.

Saat kegiatan berlangsung

“Karena di Aseupan ini belum ada patokan pos atau shelter, di pendakian ini kita sambil pasang ciri untuk pos di trek pendakian supaya pendaki ga bingung dan tersesat keluar jalur pendakian, juga bisa mendirikan tenda di patok yang kita tuliskan Camp 1 sampai 2,” ucapnya pada Kamis, (20/02/2020).

Ia menambahkan pemasangan patok tersebut dilakukan bersama anggota Ekspedisi Merah Putih Indonesia Banten (EMP Banten) dan terdapat lima buah patok pendakian hingga menuju puncak.

“Kita bersama temen-temen dari EMP Banten pasang patok di Shelter 1 Sumber Air di aliran sungai di ketinggian 428 mdpl, Camp 1 Amben ketinggian 662 mdpl, Shelter 2 Batu Asah, Camp 2 Pelataran di ketinggian 857 mdpl, dan patok sebelum tanah gambut menuju Puncak,” tambahnya.

Baca Juga:  Serba-serbi Halal Bi Halal Pondok Pesantren Salafiyyah Darul Bayan-Gembong

Adi menuturkan, Misi pemasangan patok pendakian Gunung Aseupan selama dua hari yang dilaksanakan pada Selasa, 18 Februari 2020 hingga Rabu, 19 Februari 2020 tersebut bisa dijelajah dari Desa Sikulan, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Ia berharap, dengan adanya patok tersebut para pendaki yang hendak ‘nanjak’ (mendaki-red) Gunung Aseupan dapat dengan mudah menjelajahi untuk mengetahui trek pendakian hingga puncak karena adanya patok tersebut.

“Semoga dengan dipasangnya patok ini pendaki tidak kebingungan trek dan pastinya para pendaki membawa kembali sampah yang dibawa tanpa mengambil sesuatu dari Gunung Aseupan kecuali dokumentasi gambar,” pungkasnya.[Red/Baihaki]

Bagikan: