Mahasiswa SV IPB Bantu Branding UMKM Melalui Program IPB Goes To Field
PATRON.ID – BOGOR || Dalam rangka pengimplementasian praktikum pada mata kuliah Komunikasi Bisnis, Mahasiswa Program Studi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB bekerja sama dengan LPPM mengadakan program pengabdian IPB Goes To Field yang mana merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa untuk mem-branding UMKM. Tentunya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pasar UMKM dengan bantuan digital marketing baik melalui publikasi media online, media cetak, media sosial, dan e-commerce. Sabtu (20/11/2021)
Untuk mencapai target yang diinginkan, tentunya ada banyak tahap yang harus dilakukan. Dimulai dari diskusi dengan pihak UMKM, melakukan research untuk kemasan baru, persiapan video produksi, foto produk, hingga pemasaran secara digital.
Pada kesempatan ini, kelompok IGTF 16 berkesempatan untuk mempraktikkan langsung ilmu yang didapatkan pada mata kuliah Komunikasi Bisnis pada UMKM Rosa, yang mana menjual berbagai jenis produk, di antaranya manisan pala, kremesan ubi, hingga kue-kue kering.
Pada kesempatan ini, IGTF 16 melakukan branding dimulai dari memperbaharui packaging dari produk yang dijual, pemberian identitas berupa logo dan label, bantuan sealer, publikasi media, dan lain-lain. Bapak Rosa, selaku pemilik UMKM ini menyampaikan apresiasi sebesar- besarnya kepada mahasiswa IPB atas bantuan yang diberikan untuk membantu produk jualannya agar lebih dikenal sehingga bisa meningkatkan nilai penjualan. [Red – CJ/ Abdul]