NEWS

LMDH Lebak Tanam Pohon Demi Jaga Hutan

PATRON – LEBAK | Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Menanam Pohon Sedunia Lembaga Masyrakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Lebak, menggelar kegiatan sosialisasi meghijaukan hutan dengan tema ‘Leuweungna Hejo Jelemana Ngejo’, Selasa (23/1) di Joglo, Sekretariat LMDH, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (Kadis LHK) Provinsi Banten yang diwakili Kasie Perencanaan dan Penatagunaan Hasil Hutan Heri Rahmat Isnaeni, Kepala Perum Perhutani (KPH) Banten yang diwakili Kasie Pembinaan Sumber Daya Hutan (PSDH) Wawan, Ketua Paguyuban LMDH Kabupaten Lebak Haji Wawan, dan Puluhan Ketua LMDH se-Kabupaten Lebak beserta perangkatnya.

Ketua Paguyuban LMDH Kabupaten Lebak Haji Wawan, menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan manfaat menanam pohon bagi kehidupan.

“Terutama untuk melestarikan lingkungan dan ekosistem hutan, gerakan ini adalah sebagai bentuk respons atas penebangan liar di hutan. Tak hanya itu, gerakan ini mencoba menunjukkan urgensi pohon sebagai aspek yang sentral bagi kehidupan di bumi,” tutur Haji Wawan.

Menurutnya, menanam pohon merupakan tindakan yang sangat mudah dilakukan, tergantung kemauan diri seseorang. “Hal terberat yang harus dilakukan adalah merawat dan menjaga pohon tersebut agar tumbuh sampai menjadi besar dan jangan lupa untuk dirawat serta melestarikannya,” katanya.

Sementara itu, Kasie Pembinaan Sumber Daya Hutan (PSDH) KPH Banten Wawan, mengatakan pohon memiliki andil dalam pertumbuhan manusia.

“Adanya fotosintesis dalam pohon menjadikan keseimbangan dalam pasokan oksigen terpenuhi. Selain kebermanfaatannya kepada manusia, pohon juga menyumbang kehidupan kepada hewani yang ada di hutan,” ujar Wawan.

Masih ditempat yang sama, Kasie Perencanaan dan Penatagunaan Hasil Hutan DLHK Provinsi Banten Heri Rahmat Isnaeni mengatakan tujuan diperingati hari pohon sedunia untuk mengingatkan manusia akan pentingnya menanam pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya.

“Keberadaan pohon untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor,mencegah deforestasi, tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik,” terang dia. Sekedar informasi lain, kegiatan tersebut diakhiri dengan bakti sosial penyerahan sembako dan penanaman bibit secara simbolis serta pembagian bibit tanaman untuk ditanam di hutan di wilayah LMDH se-Kabupaten Lebak. (Red/Roy)

Related posts

Perkenalkan Suku Baduy IMALA Komisariat UIN SMH Banten dan Komisariat PIKSI INPUT Gelar RTL

admin

Pimpinan Ponpes Al-Mu’awanah Bani Marsan Dorong Persatuan Demi Keamanan Masyarakat Banten Jelang Pemilu 2024

redaktur

Yedi Rahmat Pj Walikota Serang Awasi Proses Logistik Pemilu 2024

redaktur

Leave a Comment