Launching Aplikasi SIAPEM, Ketua: Ini Untuk Mempermudah DPT

PATRON.ID – SERANG | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melaunching aplikasi berbasis digital yakni SIAPEM (Sistem Administrasi Pemilu), di halaman KPU Kota Serang, Ciceri, Kota Serang, Banten, Rabu (7/4/2021).

Inovasi ini dilakukan guna mempermudah masyarakat dalam menentukan daftar pemilih tetap (DPT) pada moment pemilu maupun pilkada mendatang.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran, menjelaskan alasan pihaknya membuat aplikasi tersebut adalah untuk mempermudah masyarakat Kota Serang apabila sudah atau belum terdaftar sebagai pemilih.

“Bisa mengecek di aplikasi kita, sudah terdaftar apa belum. Caranya tinggal masukin nomor induk kependudukan (NIK) dan dokumen yang lain seperti KTP, nanti akan terdata,” kata Ade

Dia menyebutkan, ada beberapa menu pada aplikasi berbasis android itu mulai dari Data Pemilih, e-PPID, JDIH, Pilkada, Pemilu, Website, Cek Hoax, Informasi, dan Panduan. Kemudian diunduh lewat aplikasi Play Store dan ketik SIAPEM KPU Kota Serang.

“Diunduh di playstore ketik SIAPEM KPU Kota Serang nanti muncul di situ. Tinggal pilih mau menu apa. Itu kan ada sembilan menu,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya mengapresiasi adanya aplikasi SIAPEM yang mampu mendata daftar pemilih dengan cepat dan akurat.

Sebab, petugas KPU tidak perlu capek-capek keliling ke masyarakat untuk mendata satu persatu. Tetapi masyarakat bisa mengupload sendiri bisa mendownload sendiri SIAPEM ini dengan data-data.

“Tinggal daftar saja dari hape, tidak capek. Alhamdulillah aplikasi SIAPEM ini luar biasa dan mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat Kota Serang,” ujarnya. [Red/Roy]