Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN SMH Banten Gelar acara Seminar Nasional dan Internasional serta Pelatihan Jurnalistik

patron.id – Serang, Pada Jum’at 24 Mei 2019 lalu, jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten mengadakan acara Seminar Nasional dan Internasional serta Pelatihan Jurnalistik. Acara yang membesut tema Peran Pendidikan Agama Islam bagi Generasi Milenial ini diadakan di Aula Lantai 3 gedung A Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten.

Acara seminar nasional dan internasional tersebut dihadiri oleh Kepala Jurusan Pendidikan Agama Islam Saepudin Juhri dan Dosen pengampu mata kuliah Academic Writing Gut Windarsih, yang juga sebagai keterwakilan dari media nasional sekaligus narasumber pada acara tersebut, serta Mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Dalam sambutannya Saepudin Juhri menyampaikan, acara tersebut dianggap penting, mengingat mahasiswa dituntut untuk mampu membuat karya tulis ilmiah berupa skripsi sebagai syarat dalam menyelesaikan perkuliahannya.

“Saya sangat mengapresiasi acara seminar dan pelatihan jurnalistik untuk menulis karya ilmiah seperti ini, karena mahasiswa mulai di ajarkan untuk berbicara dikhalayak dan dilatih untuk menulis karya tulis ilmiah agar nanti ketika mereka mempresentasikan hasil skripsi dan menulis skripsi sudah terbiasa dan tidak terlalu kewalahan,” ujarnya.

Ia menambahkan, adanya acara tersebut mahasiswa dan mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam bisa mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah membawa nama baik UIN SMH Banten.

Lebih lanjut, Saepudin memberikan motivasi kepada mahasiswanya dengan mencontohkan Dosen pengampu mata Kuliah Academic Writing, yang dinilai sangat rajin dalam menulis.

“Ibu gut ini sangat rajin dalam menulis, beliau sudah banyak mengumpulkan, meriview dan menulis karya tulis berupa jurnal internasional, dan memenangkan perlombaan jurnal internasionalnya. Misalnya kemarin di brazil dan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS),” lanjutnya.

Acara yang diperuntukkan untuk 3 kelas jurusan Pendidikan Agama Islam tersebut merupakan tugas pada mata kuliah Academic Writing guna menumbuhkan dan mengasah kemampuan mahasiswa  dalam berbicara dikhalayak ramai dan kemampuan mahasiswa dalam menulis.

“Acara ini diperuntukan khusus kepada ketiga kelas yakni kelas C, D dan E. Ini Mata kuliah baru yang ditujukan khusus untuk Mahasiswa/i jursan Pendidikan Agama Islam yang didalamnya terdapat sub pembahasan mengenai Seminar Nasional dan Internasional serta penulisan Karya Tulis Ilmiah (Jurnalistik),” tutur Gut Windarsih.

Gut Windarsih juga menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak atas terselenggaranya acara seminar nasional dan internasional serta pelatihan jurnalistik tanpa memberikan evaluasi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, sehingga acara terlaksana dengan baik dan ini adalah pertemuan terakhir kita di Mata Kuliah Academic Writing, ibu cukupkan tanpa ada evaluasi yak arena ibu mau langsung pulang kampung,” ujarnya.

Dalam penutupnya beliau memberikan hadiah kepada mahasiswa mahasiswinya yang mendapatkan kategori presentator terbaik sebagai wujud apresiasinya karena telah rajin dan serius dalam mengerjakan tugas seminar ini.

[Cj-Suryadi/Editor/Renna]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *