NEWS

Jelang Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2024, Tim Satgas Siap Awasi Pungli

PATRON.ID – SERANG | Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) akan mengawasi sekolah-sekolah di Kota Serang jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2024 yang tidak lama lagi akan dibuka pendaftaran.

Ketua Satgas Saber Pungli Kota Serang, AKBP M. Reza Chairul Akbar Sidiq, mengatakan sosialisasi dan pencegahan pungutan liar ini dilakukan khususnya di moment penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tahun 2024.

Sebab, beberapa minggu kedepan sejumlah sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA/SMK bakal membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024.

“Jadi acara hari ini sosialisasi untuk mencegah terjadinya pungutan liar nanti pada saat penerimaan peserta didik baru,” kata Reza kepada patron.id , saat acara Sosialisasi Saber Pungli PPDB Tahun 2024 yang digelar di hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Kamis 13 Juni 2024 .

Pria yang diketahui sebagai Wakapolresta Serang Kota ini mengatakan, masyarakat bisa langsung melaporkan kasus pungli ke Tim Satgas Saber Pungli, atau melalui aplikasi berbasis online yaitu Siduli.

“Kalau nanti ada aduan baik itu langsung maupun melalui sarana-sarana pengaduan ada aplikasi. Bisa nanti masyarakat apabila menemukan pungli baik di PPDB ini ataupun pungli-pungli yang lain itu melalui aplikasi Siduli namanya,” ucap Reza.

Dari laporan aduan itu, lanjut Reza, Tim Satgas Saber Pungli akan memproses atau dilakukan langkah-langkah tindak lanjut melalui kelompok kerja (pokja) yang terdiri dari pencegahan dan penindakan.

Dia mengungkapkan bahwa Tim Satgas Saber Pungli terdiri dari Polresta Serang Kota, Inspektorat Kota Serang, Kejaksaan Negeri Serang, dan Kodim Serang.

“Kita menyelidiki monitoring tapi tidak secara terbuka, secara tertutup pastinya dengan kegiatan inteligen,” ungkapnya.

Menurut Reza, lembaga pendidikan seperti SD hingga SMA/SMK sebagai penyelenggara perlu diawasi selama proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2024.

Sebab, penerimaan peserta didik baru adalah salah satu moment yang rawan pungli sehingga perlu adanya tindakan pengawasan. Jika terjadi adanya pungli, pelaku akan dikenakan hukuman sesuai undang-undang yang berlaku.

“Mereka sebagai pelaksana, mereka yang kita awasi, kalau ada kepala sekolah yang nakal ya itu objek yang kita awasi,” pungkasnya.

Kepala Inspektorat Kota Serang, Wahyu B Kristiawan, mengatakan sebetulnya pengawasan ini dilakukan karena PPDB jadi isu strategis, hasil pengamatan tahun lalu. Bahkan KPK sendiri juga ikut melakukan pemantauan.

“Kami juga nanti di Inspektorat secara program kerjanya ada untuk melakukan monitoring dan seterusnya,” ungkap dia.

Wahyu mengatakan pengawasan ini fokus pada pungutan liar, jangan sampai ada pungli, gratifikasi, suap, atau pemerasan selama PPDB tahun ajaran 2024. “Itu kan jadi ranahnya tindak pidana korupsi misalnya, itu yang kita cegah. Langkah ini merupakan menjadi langkah pencegahan,” katanya.

Wahyu mengaku pada saat PPDB tahun 2023 lalu pihaknya hanya melakukan pemantauan saja sehingga tidak ditemukan adanya pungli. Namun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi, seperti terkait zonasi dan manipulasi alamat.

“Kalau dari proses itu ada beberapa hal yang sudah kita masukan. Misalnya soal zonasi, kemarin juga disinggung soal numpang alamat dan segala macam. Itu mudah-mudahan di tahun ini menjadi ada perbaikan soal itu,” katanya.

Pj. Walikota Serang, Yedi Rahmat, menekankan kepada pihak sekolah, para orangtua, hingga calon peserta didik agar bisa menyelenggarakan pendidikan yang baik dengan cara yang baik, jangan sampai bermasalah dengan pungutan liar.

“Jangan sampai ada penekanan, pungli, atau apapun. Itu yang tidak kami harapkan,” ujarnya.

Yedi menilai pungutan liar merupakan tindakan yang tidak mendidik bagi anak-anak sebagai generasi bangsa.

Maka, ia berpesan kepada masyarakat agar jangan coba-coba untuk menekan kepala sekolah untuk menitipkan hal-hal yang tidak baik, tidak sesuai aturan, selama penerimaan peserta sisaa baru berlangsung.

“Maka kalau ada pungli tolong laporkan ke pak Ketua Saber Pungli Kota Serang. Makanya beliau hadir langsung dibantu oleh beberapa anggota,” kata Yedi.(Red/Roy)

Related posts

Lagi, Andra Soni Terima Dukungan Relawan Maju Pilgub Banten

redaktur

Ngopi Bareng,Tb Adam Ma’rifat Caleg DPRD Banten 8 : Ingin Dekat Dengan Masyarakat

redaktur

Janji Ratu Ria di Pilkada Kota Serang, Ingin Permudah Izin Usaha bagi Investor

redaktur

Leave a Comment