Jangan Remehkan Virus Corona !

Oleh : Muhammad Luki Tarosyad

Sampai saat ini Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona-19 terus membuat resah manusia seluruh penduduk bumi, karena proses penyebaranya yang begitu sangat cepat dari.

Berdasar data yang dirilis WHO Pada  30 Januari 2020 sudah mendeklarasikan wabah virus corona sebagai sebuah darurat kesehatan masyarakat global yang menajadi kekhawatiran internasional.

Pemerintah Indonesia pun menerapkan social distancing hingga PSBB, karena menghindari sistem lock down yang diberlakukan di beberapa negara lainya hingga saat ini.

Meskipun demikian masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang meremehkan virus Corona-19, tidak sedikit yang melanggar himbauan dari pemeritah untuk menanggulangi pandemik ini dengan berabagai macam alasanya, sehingga berdampak terus menerus mengalami peningkatan.

Jumlah kasus virus corona di Indonesia berdasarkan data Kementrian Kesehatan per senin 25 Mei 2020 sudah lebih 20.000 pasien.

Penambahan kasus positif di Indonesia mulai melaju cepat sejak 6 April, yakni sekitar 200-300an orang perhari dan kini mencapai 500-600an kasus perhari.

Penerapan PSBB ini tidak ada manfaatnya jika masyarakat Indonesia tidak disiplin menjaga jarak, menggunakan masker dalam berinteraksi, selalu mencuci tangan dengan sabun dan berdiam di rumah saja, terkecuali ada hal yang sangat penting hingga terpaksa keluar rumah.

Karena dengan demikian dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona-19.

Baca Juga:  Jihad Pendidikan Melawan Covid-19

Saat ini Ada beberapa Negara yang tidak menerapkan sistem lockdown misalnya Korea Selatan, Islandia dan Taiwan adalah Negara yang dikabarkan sukses memutus mata rantai penyebaran virus corona tanpa memberlakukan lockdown.

Menurut Direktur Institut Nasional untuk penyakit Infeksi dan Alergi di AS Anthony Fauci, angka kematian yang diakibatkan oleh virus corona berkisar sepuluh kali lipat lebih besar dibandingkan flu musiman.

Melansir dari data laman Worldometers, hingga kini di 216 negara di dunia terkonfirmasi sebanyak lebih dari 4.307.287 (4,3 juta jiwa) kasus terinfeksi virus corona, dengan total 295.101 orang meninggal dunia.

Mengapa demikian banyak sekali korban jiwa? Tentu saja banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Seperti yang dilansir dari WHO  mengatakan bahwa, belum adanya obat yang disepakati untuk menangani virus jenis ini, dan virus corona ini juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit, Sehingga angka kematianya sangatlah tinggi.

Jadi kapankah pandemik ini berakhir ? Akankah bertahun-tahun? kita semua tidak mengetahuinya, karena sejatinya hanya sang Maha Kuasalah yang Maha Mengetahui, kita hanya bisa ber ikhtiar, tawakal dan berdo’a saja agat pandemik ini cepat berakhir.

Bagaimana tanggapan anda kerabat patron.id yang budiman?

Conveyor Of Public Opinion merupakan Mahasiswa Aktif Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten.

Bagikan:

2 Replies to “Jangan Remehkan Virus Corona !”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *