Jajanan Sehat yang Sedang Trend di Pandeglang

patron.id – Tebu merupakan jenis tanaman yang memiliki rasa manis dengan kandungan glukosa pada bagian batangnya. Tebu dikenal sebagai bahan baku utama untuk proses produksi bahan gula. Selain dijadikan sebagai bahan produksi gula, air perasan tebu ternyata banyak dimanfaatkan menjadi olahan minuman segar sebagai pelepas dahaga. Minuman tersebut sering dikenal dengan sebutan “Es Tebu” yang menawarkan rasa manis yang alami dan juga menyegarkan.

Es tebu adalah sebuah jus yang diekstrak dari tebu yang di press. Minuman ini menjadi salah satu jenis jajanan segar yang kini menjadi trend di kalangan masyarakat.

Saat ini es tebu kian menjamur di berbagai daerah. Kita juga bisa menemukan jajanan sehat ini di Kota wisata dengan julukan kota “Seribu Santri” Pandeglang, tepatnya di depan kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Pandeglang, Jalan AMD Lintas Timur, Desa Pagadungan, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang – Banten dengan nama Athaya Es Tebu Murni.

Oya kerabat patron.id, Athaya Es Tebu Murni adalah nama dari gerobak kaki lima penjual es tebu yang baru saja memulai usahanya sekitar 2 minggu lalu. Pemiliknya bernama Yogi, asal Jawa Timur. Ia merantau ke Pandeglang dengan tujuan ingin mengenalkan es tebu kepada masyarakat Pandeglang dan mencoba peruntungannya di kota santri tersebut.

“Saya dengar dari saudara saya katanya di Pandeglang ini belum ada penjual es tebu, karena itu saya nekat merantau kesini sendiri naik bis. Semoga saja saya bisa lama disini,” ucapnya saat dijumpai di lapak es tebu, Minggu, (23/06/2019).

Pada proses pembuatan es tebu Ia lakukan ditempatnya langsung menggunakan mesin peras tebu. Minuman ini murni 100% tebu alami karena tidak ada campuran air atau bahan olahan lainnya.

Untuk harga yang jajakan-pun, es tebu ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, satu gelas es tebu dihargai Rp 5.000,- saja, murah sekali bukan? Lapak es tebu ini juga buka setiap hari, mulai jam 09.00 sampai jam 18.00 WIB.

Selain menjadi penyegar tenggorokan, es tebu ini juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti merawat kulit, mengobati diabetes, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan ginjal, mengobati penyakit kuning, mengendalikan tekanan darah, juga merawat kandungan ibu hamil. Minuman perasan tebu ini juga baik sekali dikonsumsi karena memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita, akan tetapi juga bisa mengganggu kesehatan jika kita mengkonsumsi secara berlebihan.

Maka dari itu, kerabat patron.id jika mengkonsumi apapun jangan berlebihan yah! Karena yang berlebihan itu jelas tidak baik.

Oleh : Eka Febriyani, Mahasiswi UIN SMH Banten, Jurusan PAI semeser II, Editor : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *