Gelar Rapat Tahunan, Kemajuan Koperasi Ada di Tangan Anggota

patron.id – Serang, Kekuatan koperasi ada ditangan anggotanya. Oleh karena itu pengurus harus bekerjasama agar koperasi tetap berkembang dan maju.

Hal itu disampaikan Bendahara Gabungan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (GKPRI) Provinsi Banten Juhaedi saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2019 dan Rapat Anggota Khusus (RAK) 2020 dengan tema “Meningkatkan Peran Aktif Anggota Dalam Optimalisasi Usaha Untuk Kesejahteraan Anggota”, di gedung Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kabupaten Serang, Jl. KH Sueb Lingkungan Widara, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, pada Sabtu (27/6/2020)

suasana saat kegiatan berlangsung

Juhaedi mengatakan bahwa koperasi bisa berkembang dan maju dengan cara dibangun lewat kebersamaan oleh pengurus, pengawas dan anggota.

“Jadi kalau koperasi ingin maju, tiga komponen ini harus diterapkan. Jadi jangan pengurus saja yanh bekerja keras untuk membangun koperasi, tanpa didukung oleh anggotanya,” kata Juhaedi, dalam sambutannya.

Berdasarkan informasi yang ia dapat bahwa partipasi anggota PKPRI pun perlu ditingkatkan. Karena dari total 61 anggota, hanya tersisa sekitar 40 anggota yang masih aktif.

“Ini menunjukkan bahwa adanya partipasi anggota,” ucap dia.

Kemudian dalam hal kewajiban anggota, sambung Juhaedi, kewajiban anggota diantaranya menyimpan simpanan wajib, dan membayar kewajiban utang.

“Nah ini sekarang ke sini-sini agak menurun. Apakah ini adanya dampak pandemi covid-19 untuk tahun 2020?,” katanya.

Menurut dia, jika memang hal itu menjadi salah satu kendala, maka pengurus perlu juga mengadakan pembinaan. Pembinaan ini terutama untuk anggota yang kurang aktif, apalagi yang tidak aktif.

Baca Juga:  PKC PMII Banten Berikan Santunan Kepada 100 Anak Yatim

“Kita datangi ke tempatnya kenapa kurang aktif atau tidak aktif. Ada kendala apa? Misalnya kendala uang, managemen, pelatihan, atau mereka sulit menyusun RAT. Mengadakan RAT ini kan perlu biaya, ngomonglah ke sini kan ini pusat koperasi PKPRI. Yang aktif kita dorong untuk terus berpartipasi untuk membangun PKPRI,” terangya.

Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kabupaten Serang Lukman Hakim mengatakan, tujuan diadakan rapat ini untuk meningkatkan peran aktif anggota dalam mengoptimalisasikan usaha koperasi untuk kesejahteraan anggota.

Selain itu, pertanggungjawaban kinerja pengurus pada anggota (pemilik koperasi) dan menetapkan program APBK untuk tahun selanjutnya.

“Melalui rapat ini kami harapkan para anggota lebih aktif lagi dalam mengoptimalisasikan usaha koperasi, karena itu untuk kesejahteraan anggota,” ujar Lukman kepada media saat ditemui disela-sela acara.

Hal serupa disampaikan salah satu anggota koperasi Mahfudin. Ia berharap koperasi harus tetap berjalan dengan cara pengurus lebih mengutamakan kesejahteraan anggotanya.

“Alhamdulilah sudah tapi kemauan orang kan macem-macem ukuran standar kesejahteraannya,” kata Mahfudin, pemilik koperasi PKPRI Segar Padarincang.

Ia juga menambahkan bahwa koperasi yang ia miliki masih tetap berjalan meskipun di situasi seperti ini yakni pandemi covid-19.

“Alhamdulillah masih berjalan dengan baik, walaupun ada kendala sedikit-sedikit, masih bisa diatasi,” tambahnya.

Turut hadir pula pada kesempatan itu Ketua Dekopinda Kabupaten Serang Ojat Sukarjat.[Red/LE-Roy]

Bagikan: