Deteksi Dini Covid-19, Pemkot Serang Berencana Beli Mobil PCR

patron.id – Serang, Pemerintah Kota Serang berencana membeli Mobile Combat Coronavirus Disaese 2019 (Covid-19) atau mobil PCR (Polymerase Chain Reaction). Mobil ini merupakan sebuah kendaraan yang diperuntukan untuk mendeteksi bagi pasien penderita Covid-19.

Walikota Serang Syafrudin mengungkapkan Mobile Combat Covid-19 itu bisa berfungsi membantu pemerintah daerah untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19 di Kota Serang.

“Pemkot Serang pengen membeli mobil PCR itu, karena memang di dalam mobil itu ada 4 alat yang bisa beroperasi,” kata Syafrudin kepada wartawan patron.id di Puspemkot, Jumat (16/10/2020).

Selain itu, lanjut dia, hasil swab tes melalui mobil tersebut bisa diketahui pada saat itu juga alias tidak membutuhkan waktu lama dan akurat.

“Hasil swab tesnya itu tidak membutuhkan banyak waktu, hanya 45 menit, cukup 45 menit sudah keluar dan hasilnya itu 99 persen akurat,” ujar dia.

Namun keinginan membeli Mobil Combat Covid-19, Syafrudin menjelaskan, tentu harus ditunjang dengan anggaran pembelanjaan barang daerah (APBD) yang memadai.

Terlebih, APBD Perubahan 2020 sudah tidak bisa, atau mungkin Pemkot Serang baru bisa mengajukan alat tersebut di APBD Perubahan 2021.

“Kalau pun memaksa di (APBD) Perubahan ini harus ada, paling hanya beli alatnya saja yang harganya Rp 950 juta, itu satu,” terang dia.

Sementara Mobile Combat Covid-19 akan dibeli Pemkot Serang pada 2021 dengan kisaran anggaran Rp 5 miliar.

“Satu saja, kita beli satu kemudian tahun depan kita beli mobil PCR harganya Rp 5 miliar,” tutupnya. [Red/Roy]

Bagikan: