Datang Pada Jam Terakhir, Pendaftaran NS Ditolak Panitia Pilkades

PATRON.ID – KABUPATEN SUMEDANG || Pemilihan Kepala Desa tahun 2021 telah mewarnai beberapa daerah di Jawa Barat, Khususnya di Kabupaten Sumedang.

Perhelatan Pilkades ini pun tentunya merupakan sebuah kebanggaan bagi warga untuk memilih pemimpin yang bisa membangun dan memajukan desa nya hingga beberapa tahun ke depan.

Namun Naas ada salah satu bakal calon yang mengungkapkan bahwa dirinya menjadi korban ketidak adilan panitia pelaksana Pilkades, Wanita berinisial (NS) merupakan salah satu Aktivis Desa juga Ketua RW 05 di Desa Hegarmanah.

NS salah satu bakal calon mengungkapkan alasan perihal dirinya maju dalam Pilkades serentak tahun 2021 adalah karena mendapat dukungan dari masyarakat RW 05 yang ia pimpin.

“Alasan kenapa saya maju dalam pilkades tahun ini karena mendapat dukungan penuh dari masyarakat,” Ucap NS, Pada jurnalis patron.id, Selasa (15/6/2021)

Namun motivasi nya mendadak kandas, lantaran berkas Pendaftaran yang ia berikan pada panitia pelaksana ditolak, padahal dalam tahap penjadwalan yang dipublikasikan Panitia bahwa Pendaftaran terakhir diserahkan hingga tanggal 14 Juni 2021. NS datang tepat pada pukul 15.30 di Sekretariat Panitia Pilkades, sementara penutupan pukul 16.30,  berkas ditolak tanpa dasar hukum yang jelas

NS yang merupakan satu-satunya Bakal Calon Perempuan dan kaum Muda ini harus pasrah menerima keputusan Panitia Pilkades ini.

Setelah dikonfirmasi Ketua Panitia Pilkades Hegarmanah Ismet Suparmat mengatakan itu adalah keputusan panitia dan ada aturannya dalam surat Keputusan Bupati tanpa da ferivikasi berkas terlebih dahulu

“Itu sudah keputusan panitia Bersama-sama dan sudah diatur dalam surat keputusan Bupati, Kalau memang NS tidak menerima silahkan ajukan gugatan terhadap panitia” Kata Ismet Suparmat.

Sementara itu Endah Kusyaman selaku Ketua DPMD Kabupaten Sumedang mengatakan bahwa DPMD hanya memfasilitasi para calon kelapa desa terkait pemberkasan.


“Kami hanya memfasilitasi kebutuhan para calon kepala desa untuk bagaimana memenuhi syarat dalam pencalonan nanti ” Ucap Endah Kusmayan, saat dikonfirmasi melalu telpon.

Hingga berita ini diterbitkan Jurnalis patron masih berusaha menghubungi Kepala Kantor Kecamatan Jatinangor Herry Dewantara [Red/Aswari].