NEWS

Daftarkan Anak ke Sekolah Favorit, Orang Tua Rela Datang Pagi Dini Hari

PATRON.ID – SERANG | Sepasang orang tua dari calon peserta didik baru, Miftah dan Fitri, rela mengantarkan anaknya ke SD Negeri 2 Kota Serang sekitar pukul 03.00 WIB pagi hari, Rabu 3 Juli 2024.

Alasannya karena mereka mendapat nomor urut satu dan SD Negeri 2 Kota Serang merupakan salah satu sekolah favorit, sehingga dikhawatirkan akan membludak.

“Aku datang ke sini jam tiga pagi. Jadi aku nomor urut satu karena takut antriannya bejubel,” ujar Pamitra kepada patron.id.

Selain itu, Pamitra dan Fitri juga mengaku tidak punya banyak waktu lantaran mereka sama-sama bekerja dan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) dilakukan di hari kerja. Sehingga mereka harus datang dini hari demi mendaftarkan anaknya.

“Orang tuanya juga sama-sama bekerja jadi aku manfaatkan waktu untuk anak-anak,” ungkapnya.

Pamitra mengatakan alasan memilih dan mendaftarkan anaknya di SD Negeri 2 Kota Serang lantaran sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Serang.

“Karena zonasinya di sini dan anak menginginkan di sekolah favorit,” ucap pria yang tinggal di Perumahan Bumi Harapan Sejahrera, Kelurahan Unyur, Kota Serang ini.

Kepala SD Negeri 2 Kota Serang Salmi mengatakan, kuota calon peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 yang bakal diterima sebanyak 112 orang. Jumlah tersebut terdiri dari kategori zonasi 80 persen, afirmasi 15 persen, dan mutasi 5 persen.

“Mekanismenya itu pendaftaran secara offline. Persyaratannya akta kelahiran siswa yang asli dan fotocopy, kartu keluarga yang asli dan fotocopy, dan fotocopy KTP orang tua. Kemudian perengkingan usia, minimal usia 6 tahun,” ungkapnya.

“Mereka dari jam setengah lima sudah standby. Kita memberikan nomor antrian. Satu nomor satu orang. Dibuka sampai jam 12 siang,” imbuhnya.

Salmi mengungkapkan satu kelas akan diisi sebanyak 28 calon siswa baru. Jika melebihi angka tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

“Jika melebihi rombel lapor ke dinas. Tadi pak kadis menjelaskan harus laporan ke dinas, kemudian dinas akan mengusulkan ke kementerian,” katanya.

Ia juga mengakui jika tempat kerjanya menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Serang sehingga setiap tahun PPDB selalu membludak.

Oleh karena itu pihaknya tidak bisa membatasi para orang tua calon murid yang ingin mendaftarkan anaknya di SD Negeri 2 Kota Serang.

“Kalau itu sesuai kuota, keinginan mereka. Kita tidak bisa membatasi tidak bisa menghalangi karena keinginan masyarakat seperti itu,” jelasnya.(Red/Roy)

Related posts

Ajak Warga Jauhi Judi Online, Lurah Taman Baru: Supaya Hidup Kita Berkah

redaktur

Serangan Teror di Rusia: Ancaman ISIS dan Peran Indonesia dalam Melawan Ideologi Terorisme

redaktur

Demi Pilkada Banten, Ratu Ageng Rekawati Tak Masalah Jadi Wakil Gubernur

redaktur

Leave a Comment