Bunda PAUD se-Kecamatan Curug Dikukuhkan, Ini Harapan Ketua Forum

PATRON.ID – SERANG | Sebanyak 10 Bunda PAUD di masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Curug telah resmi dikukuhkan, dengan tema “Peranan Bunda PAUD Dalam Rangka Peningkatan Akses dan Mutu Layanan PAUD Berkualitas”, di Wisata Kreasi Mahoni Bangun Sentosa (MBS), Curug, Kota Serang, Banten, Selasa (6/4/2021).

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Bunda PAUD Kecamatan Curug Mirna Sari Nuri. Serta disaksikan oleh Ketua Forum Bunda PAUD Kota Serang Ana Mardiana Subadri.

Turut hadir Kabid PAUDNI Kota serang Al Chotijah, Sekretaris Kecamatan Curug Eny Sudaryani, Ketua HIMPAUDI Iah Sohihah, penilik dan pengawas PAUDNI Kecamatan Curug, PKK Kota Serang.

Ketua Forum Bunda PAUD Kota Serang Ana Mardiana Subadri mengapresiasi kepada para bunda PAUD di Kecamatan Curug yang telah memberikan kontribusi aktif bagi perkembangan anak usia dini.

Sehingga dia berharap terjalinnya koordinasi antara bunda PAUD dengan perangkat kelurahan setempat agar manfaat PAUD juga dapat dirasakan di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Curug.

“Saya menaruh harapan besar terhadap bunda-bunda PAUD yang ada di Kecamatan Curug. Mudah-mudahan dengan adanya peran aktif bunda PAUD, koordinasi dengan perangkat kelurahan dapat tercipta, sehingga setiap kelurahan yang ada di Kota Serang bisa memiliki PAUD,” ujarnya.

Bunda PAUD Kecamatan Curug Mirna Sari Nuri menyampaikan, bahwa Bunda PAUD hadir untuk mengontrol dan membentuk tumbuh kembang anak-anak.

Terlebih di era kebebasan saat ini membuat orang tua harus waspada dalam tumbuh kembang anak karena kemajuan teknologi berpengaruh langsung terhadap tumbuh kembang anak-anak.

“Lembaga PAUD sebagai wadah yang memiliki berbagai komponen tentu harus kita pertahankan secara terus menerus dalam upaya ikut serta mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Karena anak adalah aset bangsa yang menentukan nasib masa depan bangsa dan negara kita tercinta,” ujarnya.

Dia berharap bunda PAUD dapat berperan aktif dalam meningkatkan tumbuh kembang anak anak agar terjamin pendidikannya untuk melibatkan kaum ibu secara aktif.

Sebab kaum ibu adalah orang yang pertama yang memberikan pendidikan pertama pada anak-anak di usia dini dan menjaga kesehatannya saat kehamilan sampai melahirkan anak-anak yang sehat jasmani maupun rohani.

“Kami berharap kepada bunda PAUD di tingkat kelurahan agar dapat lebih ditingkatkan lagi semangatnya karena bunda PAUD adalah profesi sukarela yang dilandasi rasa cinta, kasih sayang,” terang Mirna.

Sekretaris Kecamatan Curug Eni Sudaryani menambahkan, bahwa bunda PAUD mempunyai peran penting terhadap tumbuh kembang anak yang kedua setelah orang tua.

“Bunda PAUD harus bisa membantu orang tua dengan mengayomi dan mendampingi orang tua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak Dengan perhatian yang cukup dan baik tentunya,” katanya.

Untuk diketahui, Bunda PAUD tingkat se-Kecamatan Curug sebagai berikut, Kelurahan Kamanisan Sariah, Kelurahan Cipete Entin Suhartini, Kelurahan Curug Eti Sugiarti, Kelurahan Tinggar Mulyati, Kelurahan Pancalaksana Safriah, Kelurahan Sukalaksana Hj. Iis Sutiawati, Kelurahan Cilaku Kamyanah, Kelurahan Sukajaya Iis Nawati, Kelurahan Sukawana Sri Nurdiati, dan Kelurahan Curug Manis Hj. Hasanah. [Red/Muhit]