NEWS

Bacalon Bupati Serang Andika Hazrumy Janjikan Lapangan Pekerjaan Tanpa Harus Bayar

PATRON.ID – SERANG | Politisi Partai Golkar yang juga merupakan bakal calon (bacalon) Bupati Serang Andika Hazrumy menjanjikan masyarakat Kabupaten Serang untuk bisa bekerja di industri tanpa harus mengeluarkan biaya.

Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab industri dalam menyerap tenaga kerja lokal yang berdomisili di wilayah Kabupaten Serang.

“Dan yang pasti kedepan tidak boleh lagi ada calo-calo ataupun tidak boleh lagi ada pencari lapangan pekerjaan itu harus membayar,” kata Andika kepada patron usai memaparkan visi misi yang diselenggarakan oleh DPW Partai Nasdem di Hotel Aston, Rabu 15 Mei 2024.

Langkah kongkret yang akan dilakukan mantan Wakil Gubernur Banten ini adalah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Mulai dari forum ATR, forum kepala desa, pimpinan industri/ pabrik, serta mengoptimalkan peraturan daerah (perda) ketenagakerjaan.

Termasuk, memberikan klausul perjanjian antar industri atau pabrik yang ada di Kabupaten Serang untuk memiliki kesepahaman bahwa mereka wajib merekrut calon tenaga kerja yang ber-KTP warga kabupaten Serang minimal 40 hingga 50 persen.

“Dari situ dasarnya nanti kita akan kuatkan pengawasan, komunikasi, kordinasi, dengan industri yang ada di Kabupaten Serang. Kedepan kan mereka akan memiliki kepentingan terhadap pemerintah. Kepentingannya apa? Seperti itu tadi dalam merekomendasikan izin usaha,” tutur Andika.

Andika mengatakan bahwa menyerap tenaga kerja lokal dapat menurunkan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Serang. Terlebih, mengatasi angka pengangguran merupakan program prioritas dirinya.

“Presentasenya kita tidak minta semua tapi kita diberikan presentase 40 sampai 50 persen untuk warga Kabupaten Serang. Ya silahkan sisanya warga Cilegon, Tangerang, warga Banten lainnya atau warga dari luar Banten. Karena kan kita lihat di Provinsi Banten ini banyak para pencari kerja dan tujuan pencari kerja, kan upah regionalnya tiga besar tertinggi,” ungkap dia.

“Jadi kedepan kita harus memberikan solusi agar semua industri juga punya tanggung jawab. Mereka usaha di wilayah Kabupaten Serang tapi harus memberikan manfaat. Kita tidak minta macam-macam, kita hanya minta masyarakat kita diberikan kesempatan kerja tanpa harus membayar,” tandasnya.(Red/Roy)

Related posts

Diskusi Politik, Bakal Calon Walikota Serang Sepakat Tolak Money Politics

redaktur

Mantan Narapidana Teroris di Banten Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadan

redaktur

Usai Tabur Tanah Kuburan di Warung Milik Tetangganya, Nenek Berinisal SN Diusir

redaktur

Leave a Comment